Nilai tukar mata-uang mengalami fluktuasi dalam pecahan dollar yang disebut dengan Pip. Pip adalah singkatan dari Percentage in Point atau persentase dalam poin, dan merupakan pergerakan harga terkecil sebuah mata-uang. Pip biasanya diawakili oleh angka desimal terakhir pada notasi tertulis (quote) sebuah nilai mata-uang.

Sebagai contoh, pergerakan terkecil yang mungkin terjadi pada pasangan EUR/USD adalah $0.0001 poin, atau satu pip.  Apabila nilai tukar tersebut bertambah 1 pip, maka dikatakan nilai Euro menguat terhadap Dollar AS; dan jika nilai tukarnya berkurang 1 pip, maka dikatakan nilai Euro melemah terhadap Dollar AS. Setiap pergerakan nilai mata-uang dalam satuan pip menyatakan jumlah keuntungan atau kerugian yang anda dapatkan dari sebuah trade.

Perlu diingat bahwa khusus untuk Yen Jepang, digunakan sistem notasi (quotation system) tiga angka di belakang lambang desimal (biasanya dilambangkan dengan tanda titik (.) pada kebanyakan platform; lain halnya dengan notasi satuan Indonesia yang menggunakan tanda koma (,) sebagai penanda desimal. Dalam artikel kami, penulis tidak akan merubah notasi pada uang ke dalam sistem penulisan Indonesia agar tidak ada kebingungan bagi para trader pemula saat menggunakan platform trading yang umumnya menggunakan sistem internasional). Dalam kasus Yen, pip direpresentasikan oleh angka desimal kedua.

Apabila anda membutuhkan kalkulator pip, anda bisa menggunakan yang ini.

PIPS VS. PIPETTES ATAU PECAHAN PIPS KECIL (FRACTIONAL PIPS)

Beberapa broker menggunakan sistem penulisan (quotation system) lima angka di belakang desimal. Angka ke-lima di belakang tanda desimal inilah yang disebut pipette atau pecahan pips kecil, dimana 10 pipettes setara dengan 1 pip. Perlu diingat bahwa walau broker anda menggunakan sistem penulisa 5 angka di belakang desimal, besaran pip akan tetap diwakili oleh angka desimal ke-empat pada penulisan (quote).

APA ITU NILAI PIP (PIP VALUE)?

Pip adalah besaran ukur yang sangat berguna dalam membantu kita menentukan kapan dan di mana kita meletakkan perintah Stop Loss dan Take Profit atau juga untuk menentukan seberapa besar resiko yang kita ambil, tapi berapakah nilainya secara riil jika dinyatakan dalam Dollar AS?

Sebuah pip mungkin memiliki nilai minimalnya sendiri, tapi ketika melakukan trading yang melibatkan sejumlah besar uang, misalnya menggunakan Leverage, nilai pip akan bertambah secara signifikan. Pada akhirnya, nilai pip akan memberitahu anda nilai (dalam Dollar) dari pergerakan harga terkecil. Dengan demikian, ia membantu kita menghitung berapa banyak keuntungan atau kerugian yang kita dapatkan dari suatu trade.

Nilai pip dari setiap trade yang dilakukan selalu bergantung pada volume transaksi dan juga besaran ukuran Lot yang anda pakai. Karena setiap mata-uang memiliki nilai yang relatif, nilai riil suatu pip juga selalu relatif dan berubah-ubah pad setiap mata-uang. Maka dari itu, setiap trader perlu melakukan kalkulasi untuk mengetahui nilai suatu pip agar bisa menentukan jumlah kerugian atau keuntungan yang diperoleh.

BAGAIMANA MENGHITUNG NILAI PIP

Kami memiliki dua skenario berbeda dalam menghitung nilai pip, tergantung apakah Dollar AS (USD) termasuk dalam pasangan mata-uang yang digunakan dalam trading.

Jika Dollar AS adalah mata-uang dasar (base currency)

Apabila Dollar AS merupakan base currency, seperti pada kasus USD/CAD atau USD/CHF, maka untuk menghitung nilai pip, kami menggunakan formula ini:

Nilai Pip = (satu pip / nilai tukar) * ukuran Lot

Contoh 1: Jika kita membeli 1 Lot standar (standard lot) untuk pasangan USD/CHF dengan nilai tukar pada level 0.9885, maka setiap pergerakan pip ke arah yang menguntungkan kita nilainya adalah 10,11 USD jika diuangkan.

Nilai Pip = (0.0001 / 0.9885) * 100.000 = 10,11 USD

Apabila Pasangan Mata-Uang yang Diperdagangkan Tidak Memuat USD

Skenario kedua adalah ketika pasangan mata-uang yang anda perdagangkan tidak memuat Dollar US – misalkan untuk pasangan EUR/JPY atau GBF/CHF

Nilai Pip = [(Satu Pip / Nilai Tukar) * ukuran Lot]*Nilai Tukar Base Currency

Contoh 2: Apabila kita membeli 1 lot standar untuk pasangan GBP/JPY yang diperdagangkan pada level 158.45. Untuk menghitung nilai pip, kita harus menggunakan nilai tukar dari Base Currency, dalam hal ini GBP/USD, misalkan nilai tukarnya adalah 1.4480, maka:

Nilai Pip = [(0.01 / 158.45) * 100.000] * 1.4480= 9,13 USD

Apabila kita melakukan trading untuk 1 lot pasangan GBP/JPY, berarti setiap 1 pip pergerakan harga ke arah yang menguntungkan kita jika diuangkan akan bernilai 9,13 USD.

Aktivitas Trading Forex dan Kontrak Berjangka (CFD) tidak untuk semua kalangan investor dan memiliki risiko tinggi kerugian dalam waktu singkat karena penggunaan leverage. 75-90% investor ritel mengalami kerugian dalam aktivitas trading produk-produk ini. Anda harus benar-benar menimbang terlebih dahulu bahwa anda mengerti cara kerja CFD dan bahwa anda mampu menanggung risiko tinggi yang bisa berdampak pada kerugian uang.