BAGAN – DOUBLE TOPS DAN DOUBLE BOTTOMS

Melakukan trading pada kondisi double tops dan double bottoms adalah hal yang memberikan potensi keuntungan yang tinggi. Anda hanya memerlukan beberapa perangkat trading untuk bisa memanfaatkannya, dan ini berlaku untuk berbagai kerangka waktu.

Kondisi double tops dan double bottoms merupakan sebuah indikasi datangnya pembalikan arah kecenderungan (trend), ataupun pertanda kepenatan (exhaustion) penjualan/pembelian. Pola-pola tersebut sangat mudah dikenali pada bagan harga.



MENGAPA DOUBLE TOPS DAN DOUBLE BOTTOMS EFEKTIF

Memahami perilaku yang mendasari pola pergerakan harga tertentu dapat membuat anda lebih yakin untuk melakukan trading berdasarkan pola tersebut. Double tops dan double bottoms menggunakan analisis perilaku dalam trading karena anda dapat menerka ketika trader lain sedang berada dalam kejatuhan emosional dan finansial.

Double tops dan double bottoms sangatlah efektif karena para trader menanti sebuah pertanda bahwa level support atau resistance masih bertahan sebelum mereka mengeksekusi sebuah trade. Setelah pola double tops atau double bottoms telah terbentuk, akan semakin jelas bahwa level support atau resistensi telah terbentuk, dan dengan demikian mereka akan semakin yakin untuk mempertaruhkan modal mereka dalam trading.

APA ITU POLA DOUBLE BOTTOMS?

Double bottoms merupakan pola pembalikan arah menanjak yang terbentuk di sekitar level support penting. Pola ini membantu anda mengenali permulaan sebuah kecenderungan menanjak (bullish trend). Pola ini cukup sering terbentuk, mudah dikenali, dan berlaku pada semua pasangan mata-uang.

Pola double-bottoms dimulai dengan kecenderungan menurun yang menciptakan titik dasar beruntun (lower lows), di mana harga seketika melakukan retrace naik, sehingga tercipta bottom (jurang) pertama. Setelah retracement, harga seketika kembali bergerak menurun dan membentur titik dasar pada level harga yang sama dengan bottom sebelumnya atau dalam rentang 2-4 pips dari bottom pertama.

BAGAIMANA MELAKUKAN TRADE BERDASARKAN POLA DOUBLE BOTTOM?

Lakukanla Long pada saat pergerakan mulai melampaui level resistance atau pada saat terjadinya pullback. Apabila harga melampaui garis resistance, yang mana sering terlihat pada bagan, level resistance sebelumnya yang telah dilewati kemudian berubah peran menjadi level support baru, di mana harga diharapkan naik ke tingkatan yang lebih tinggi.

Stop Loss protektif biasanya ditempatkan di bawah pola double bottoms. Untuk memvalidasi sebuah pola double bottoms, perbedaan antara titik bottom terendah dan level resistance haruslah paling tidak 10%.

APA ITU POLA DOUBLE TOPS?

Double tops adalah pola pembalikan menurun yang terbentuk setelah pergerakan naik yang kuat. Dalam bagan, pola ini nampak seperti dua puncak berurutan pada tingkat harga yang hampir sama. Pola ini membantu anda mengenali permulaan dari kecenderungan menurun (bearish trend).

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam mengkonfirmasi pola ini adalah apabila sudah terjadi kecenderungan menanjak sebelum terjadinya double tops. Ini sangatlah penting, karena tanpa kecenderungan menanjak, double tops tersebut hanyalah dua titik puncak biasa dalam pergerakan pasar. Double tops yang harus kita perhatikan adalah yang merupakan pertanda pergerakan berbalik (reversal), artinya harus ada kecenderungan yang sebelumnya berlangsung untuk dibalikkan.

Yang kedua, diperlukan adanya top (puncak) yang diikuti gerakan pullback agar level support bisa terbentuk.

Yang terakhir, setelah retracement pertama, kita perlu memperhatikan apakah pergerakan harga naik kembali dan menyentuh titik top (puncak) pada level harga yang sama atau dalam jarak 2-4 pips dari top pertama. Semua ini merupakan indikasi bahwa kecenderunga pergerakan harga akan segera berbalik menurun.

BAGAIMANA MELAKUKAN TRADING TERHADAP POLA DOUBLE TOPS?

Short trade harus segera anda lakukan baik ketika pergerakan telah jatuh melewati level support, atau pada saat terjadinya pullback. Lakukan ini hanya ketika level support telah dilewati, dan ketika pola double tops telah terkonfirmasi. Anda bisa meletakkan Stop Loss protektif di atas pola double tops tersebut.

KESIMPULAN

Pola double tops dan double bottoms merupakan pola pembalikan (reversal) yang paling efektif untuk digunakan sebagai penunjuk dalam trading, dan sangat mudah untuk dikenali pada bagan harga. Mereka lumayan sering terbentuk, tapi ingatlah untuk melakukan trade berdasarkan pola-pola tersebut yang masih sesuai dengan konteks pasar.

Seringkali, kedua pola tersebut akan menyediakan banyak peluang trading bagi anda dalam hal menambah rasio untung-rugi. Ini akan memastikan bahwa kerugian anda selalu lebih sedikit dari keuntungan anda.

Aktivitas Trading Forex dan Kontrak Berjangka (CFD) tidak untuk semua kalangan investor dan memiliki risiko tinggi kerugian dalam waktu singkat karena penggunaan leverage. 75-90% investor ritel mengalami kerugian dalam aktivitas trading produk-produk ini. Anda harus benar-benar menimbang terlebih dahulu bahwa anda mengerti cara kerja CFD dan bahwa anda mampu menanggung risiko tinggi yang bisa berdampak pada kerugian uang.